Menu Close

6 Mukjizat Nabi Isa AS Yang Luar Biasa

Tujuh Mukjizat Nabi Isa As Dalam Al-Qur'an: Bagian Kedua
source gambar : tafsiralquran.id

Nabi Isa AS merupakan putra Maryam putri Imran, keturunan Nabi Daud AS. Terdapat beberapa mukjizat Nabi Isa AS yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT. Mukjizat Nabi Isa AS diantaranya yaitu bisa menghidupkan kembali orang yang mati dengan izin Allah SWT, bisa menyembuhkan orang buta, sudah mampu berbicara saat masih bayi, dan yang paling utama yaitu kitab Injil sebagai pedoman bagi umatnya saat itu.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini 6 mukjizat Nabi Isa AS yang luar biasa diantaranya yaitu :

  • Berbicara Saat Masih Bayi

Isa berkata, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al-Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (QS. Maryam ayat 30).

Mula – mula kalimat yang diucapkan oleh Isa AS adalah menyucikan Zat Tuhannya dan membersihkan-Nya dari sifat beranak, lalu mengukuhkan eksistensi dirinya sebagai hamba Allah. Kalimat tersebut dimaksudkan untuk membersihkan nama ibunya dari tuduhan berzina yang dilontarkan oleh kaumnya.

  • Kitab Injil

Nabi Isa AS diberi kitab Injil oleh Allah SWT sebagai hujjah atas kenabiannya. Allah SWT berfirman, yang artinya : “Dia memberiku Al-Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. (Maryam : 30).

Disebutkan bahwa Nabi Isa AS hapal kitab Taurat dan juga kitab Injil yang diturunkan kepadanya.

  • Menciptakan Burung Dari Tanah

Mukjizat Nabi Isa AS yang lainnya yaitu diberikan kemampuan oleh Allah SWT dengan menciptakan burung dari tanah liat.

Hal tersebut termaktub dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman, yang artinya :

“Sesungguhnya aku telah datang kepada kalian dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhan kalian, yaitu aku membuat untuk kalian dari tanah sebagai bentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah.” (Ali Imran : 49)

Nabi Isa AS membuat patung berupa seekor burung, lalu Dia meniup patung burung tersebut, maka dengan serta merta patung tersebut menjadi burung sungguhan dan mampu terbang atas izin Allah SWT. Hal tersebut dijadikan untuknya sebagai mukjizat yang menunjukkan bahwa Nabi Isa AS diutus Allah SWT kepada mereka.

  • Menyembuhkan Orang Buta

Mukjizat Nabi Isa AS lainnya adalah mampu menyembuhkan orang buta yang sejak lahir tidak bisa melihat.

“dan aku (Isa) menyembuhkan orang yang buta.” (Ali Imran : 49).

  • Menghidupkan Orang Mati

Nabi Isa AS pun diberi mukjizat dapat menghidupkan kembali orang mati.

“dan aku (Isa) menghidupkan orang mati dengan seizing Allah.” (Ali Imran : 49).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengungkapkan bahwa Nabi Isa AS dimasanya terkenal akan ilmu ketabiban dan ilmu biologi. Karena itu, Nabi Isa AS datang kepada mereka dengan membawa mukjizat – mukjizat yang tidak ada jalan bagi seorang manusia pun untuk bisa menirunya, terkecuali jika diperkuat oleh Allah SWT yang membuat syariat. Karena bagaimana mungkin seorang tabib mampu menghidupkan kembali orang yang telah mati, menyembuhkan orang buta dan yang berpenyakit sopak, juga membangkitkan orang yang telah dikubur, yang seharusnya baru bisa bangkit kembali dari kuburnya kelak di hari kiamat, yaitu hari pembalasan.

  • Mengetahui Rahasia

Nabi Isa AS juga memiliki mukjizat dapat mengetahui rahasia yang tersimpan disetiap rumah orang pada masanya.

Allah SWT berfirman, yang artinya :

“dan aku kabarkan kepada kalian apa yang kalian makan dan apa yang kalian simpan didalam rumah kalian.” (Ali Imran : 49)

Artinya, Nabi Isa AS akan menceritakan kepada mereka semua yang dimakan oleh seseorang diantara mereka sekarang dan apa yang disimpan olehnya didalam rumahnya untuk keesokan harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *