Menu Close

5 Aturan Mengemudi Aman Selama Musim Hujan Tiba

TREVO Stories ID - Page 4 of 13 - Kapan pun, Dimana pun
source gambar : stories.trevo.id

Amankah mengemudi dengan cepat selama hujan? Seringkali ketika hujan, banyak masyarakat yang bukannya berhati – hati karena jalanan yang licin malah berlomba semakin cepat. Hal ini menjadi satu dari sekian banyak alasan kecelakaan jalan raya selama hujan, cukup tinggi. Ada baiknya untuk mengurangi kecepatan selama hujan mengguyur jalan raya untuk keselamatan. Terlebih bila kamu menggunakan mobil dari layanan car sharing yang bukan mobil milik pribadi.

Selama hujan berlangsung, ada baiknya bagi kamu untuk mengendarai mobil dengan kecepatan lambat. Bila kamu menggunakan kecepatan tinggi ketika berkendara maka mudah bagi kamu untuk tergelincir ketika melakukan pengereman. Ada baiknya bagi kamu untuk mengendarai kendaraan dalam kecepatan lambat untuk mempermudah pengereman kendaraan dan juga waspada bila ada kendaraan lain yang lewat. Sebab itu, penting bagi kamu untuk checking kondisi mobil car sharing atau mobil sewa lainnya.

Bila kondisi mengharuskan kamu untuk mengemudi ditengah derasnya hujan, ada baiknya kamu melakukan beberapa kegiatan berikut agar aman dan nyaman berkendara menggunakan car sharing :

1.      Melaju dengan kecepatan rendah

Jalan yang basah akan menyebabkan kendaraan mudah tergelincir. Terlebih ketika melaju kecepatan tinggi. Dengan menggunakan kecepatan rendah maka kamu menjaga daya cengkram ban sehingga lebih mudah diajak melaju di jalanan.

2.      Menjaga jarak antar kendaraan

Saat musim hujan tiba, banyak sekali kendaraan yang ingin melaju cepat dan tak jarang jarak antar kendaraan menjadi minim. Hal ini bisa berakibat buruk untuk kamu dalam berkendara. Kamu bisa mengantisipasinya dengan memberi celah yang cukup.

3.      Berhati – hati saat mengerem

Jalanan yang licin terkadang menjadi kendala bagi kamu yang sedang melakukan pengereman mendadak. Usahakan untuk melakukan pengereman secara bertahap dan perlahan agar tidak tergelincir saat hujan.

4.      Menghidupkan AC dan wiper

Ada baiknya selama perjalanan menggunakan mobil dan hujan, kamu menghidupkan AC dan wiper mobil. AC akan membantu mengurangi kelembaban dalam mobil akibat hujan yang bisa menyebabkan kaca berembun. Bila kaca berembun tentu akan menjadi kendala mengemudi.

5.      Menyalakan lampu mobil

Selama berkendara, ada baiknya kamu menghidupkan lampu depan maupun belakang mobil untuk menjadi pengingat kendaraan di belakang maupun depan kamu selama berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *